Garudapro

Bagaimana Bisa Punya Tabungan 1 Milyar Sebelum 35 Tahun?

Ya, bagaimana caranya agar kita bisa meraih rezeki yang barokah dan melimpah, sehingga kita bisa memberi sedekah lebih banyak kepada mereka yang membutuhkan?

Sajian kali ini akan membedahnya dengan renyah dan maknyuss.

Memiliki saldo tabungan 1 milyar sebelum usia 35 (atau 3 milyar saat usia 40, dan 5 milyar saat usia 45 tahun) mungkin merupakan target yang menantang, namun juga sangat mungkin dicapai.

Challenging goal but really achiaveble.

Saldo tabungan 1 milyar artinya aset kekayaan Anda diluar rumah utama yang dihuni dan mobil yang digunakan sehari-hari. Artinya 1 milyar ini bisa berbentuk deposito, emas, reksadana atau aset properti (kos, apartemen atau rumah kedua) yang disewakan.

Bagaimana caranya agar bisa punya saldo tabungan atau aset senilai 1 milyar sebelum usia 35 tahun? Ada dua rute yang paling reasonable yang bisa dilakoni untuk menembus impian itu.

Rute #1 : Berkarir Menjadi Manajer di Perusahaan Bonafid

Sekarang gaji manajer di perusahaan bonafid atau multinasional (seperti Unilever, Citibank, Telkomsel, Indofood, Astra, Bank BRI, dan perusaan sekelas lainnya) sudah menembus angka 30 jutaan per bulan. Plus bonus yang kadang bisa sampai 9 kali gaji.

Kabar baiknya, kini Anda juga sudah bisa menjadi manajer di usia awal 30-an tahun. Atau bahkan usia 28 – 29, asal prestasi kerja Anda memang cetar membahana.

Dengan gaji 30 juta per bulan saat usia 30 tahun, maka akan ada sejumlah dana yang bisa di-tabung dan di-investasikan (untuk mendapatkan return yang memadai).

Tabungan sisa gaji dan return dari hasil investasi bisa membuat orang tersebut punya aset senilai 1 milyar (diluar rumah utama dan mobil yang dimiliki) – persis saat di usia 35 tahun.

Apakah bisa menjadi manajer di usia 28/29/30 tahun dengan gaji 30 jutaan per bulan? Sangat bisa. Kuncinya adalah : selepas lulus kuliah di usia 22/23 tahun Anda diterima kerja di perusahaan bonafid.

Maka Anda yang masih muda harus benar-benar berjibaku untuk bisa masuk kerja di perusahaan bonafid. Bukan di perusahaan PT. Maju Mundur atau PT. Rindu Order.

Anda harus benar-benar gigih, terus berusaha, yakin dan selalu berdoa, agar bisa diterima bekerja di top companies.

Sebab jika selepas lulus kuliah (fresh graduate) Anda diterima kerja di “perusahaan yang biasa-biasa saja”, maka karirmu 25 tahun ke depan bisa terus berada dalam bayang-bayang kelabu.

Sebaliknya, jika selepas lulus (saat usia 22 tahun) Anda bisa diterima kerja di perusahaan sekelas Unilever atau Telkomsel, plus ditopang prestasi kerja yang wow, maka di usia 35 tahun Anda sudah bisa punya aset 1 milyar.

Believe me.

Rute #2 : Membangun Bisnis Sendiri.

Rute yang kedua ini acap bisa menghasilkan income yang lebih maknyus. Dan seperti yang pernah saya sampaikan saat saya tampil di Metro TV : di era ledakan internet dan social media ini, makin banyak anak muda lokal usia dua puluhan yang sudah menjadi milioner.

Never too young to become a millionaire.

Ya, ledakan internet adalah berkah yang indah bagi anak-anak muda kreatif untuk menjadi milioner di usia yang relatif muda. Keajaiban internet adalah ibu kandung yang melahirkan banyak milioner muda.

Faktanya, saya sudah sering menulis profil mereka. Ada Yasa Singgih (pengusaha fashion, usia 21 tahun), Laksita Pradnya (owner produsen kaos kaki, usia 20 tahun) dan Dea Valencia (pengusaha batik, usia 24 tahun).

Dan semua anak muda belia tersebut sudah jadi milioner. Tentu saldo tabungan mereka sudah diatas 1 milyar, jauh sebelum usia 35 tahun.

Bagaimana supaya sukses membangun bisnis dalam usia belia? Modal kuncinya ada dua : kegigihan (resiliensi) dan kreativitas. Bukan modal uang. (Maka aneh kalo ada orang mau bisnis, mengeluh ndak punya modal uang. Sudah pasti orang ini tidak kreatif, dan tidak punya bakat jadi entrepreneur).

Kegigihanmu itu harganya mahal. Priceless. Kreativitasmu juga amat berharga. Kekuatan kreativitas dalam sel otakmu itu acap harganya jauh lebih mahal dibanding sebuah Toyota Alphard.

DEMIKIANKLAH, dua rute utama yang layak dilakoni untuk bisa punya saldo tabungan 1 milyar di usia 35 tahun. Dan bukan saldo tabungan yang cuma senilai Rp 2.450.000,-

Selamat bekerja dan berjuang teman-teman. Selamat berikhtiar meraih rezeki yang barokah demi masa depan yang sumringah.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed