Garudapro

Inilah 8 Rahasia Sukses dan Kaya Raya Orang Tionghoa

Tak dipungkiri, banyak keturunan Tionghoa yang sukses secara karir ataupun finansial. Sebut saja nama-nama seperti Ciputra, Hary Tanoesoedibjo dan Bong Chandra. Dari ranah internasional mungkin kamu udah gak asing lagi mendengar nama Jack Ma atau Li Ka-shing. Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya “Kok orang Tionghoa bisa kaya-kaya, sih? Apa rahasianya?”

Nah, ingin tahu? Berikut penjelasan kenapa orang Tionghoa banyak yang sukses secara karir dan finansial.

1. Kebanyakan orang Tionghoa gemar menabung dan berinvestasi.

Orang Tionghoa itu gemar menabung dan berinvestasi. Begitu mendapatkan uang, mereka langsung menyimpannya di bank. Sering juga diinvestasikan lewat dana reksa atau deposito. Uang yang mereka tabung atau investasikan bisa sampai 75 sampai 80 persen dari total pendapatan. Sisanya baru dipakai untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

2. Mereka tidak suka mempertunjukan kelebihan harta lewat penampilan.

Simak saja bagaimana orang Tionghoa dalam berpakaian. Mereka jarang menggunakan baju mahal atau perhiasan mewah. Baju mewah hanya mereka pakai untuk peringatan hari raya dan acara penting keluarga. Bisa dibilang, kehidupan sehari-hari mereka jauh dari gengsi penampilan.

3. Karena rajin menabung, mereka bisa beli barang dengan tunai.

Orang Tinghoa lebih suka beli kontan alias tunai daripada beli secara kredit. Mereka sadar bunga kredit itu justru memberatkan di kemudian hari. Tabungan mereka pun digunakan untuk membeli barang secara kontan.

4. Mereka lebih suka masak sendiri daripada beli makanan siap saji.

Orang Tionghoa lebih suka memproduksi sendiri daripada membeli. Ini juga mereka terapkan dalam hal masak memasak. Itulah kenapa mereka bisa lebih hemat.

5. Mereka pekerja keras dengan semangat yang tinggi.

nghindari lembur, orang Tionghoa malah mencari-cari lembur. Menurut mereka ini adalah lahan yang bagus untuk menunjukan semangat kerja tinggi dan memperoleh penghasilan tambahan. Ketika kita malas-malasan di kamar, mereka berpeluh keringat untuk meraih kesuksesan.

6. Bahkan mereka juga rajin cari pekerjaan sambilan.

Pendapatan dari satu pekerjaan kadang tak bisa memenuhi kebutuhan hidup. Karena itu mereka juga sering mencari pekerjaan sambilan. Mulai dari berjualan online, mengajar les dan lain-lain pun juga dilakoni.

7. Karena etos kerja tinggi, orang Tionghoa lebih banyak disukai oleh para bos.

Orang Tionghoa gemar bekerja dan menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna. Itulah alasan kenapa mereka dicintai para bos di kantor. Pekerjaan yang diserahkan pada mereka, diselesaikan dengan cepat dan tuntas. Maka jangan heran kalau karirnya juga melonjak cepat.

8. Mereka mementingkan manfaat dan bukan gengsi semata.

Coba kamu datang ke rumah orang Tinghoa yang baru mulai bekerja. Lalu tanyakan barang-barang yang mereka punya. Mereka akan menjawabnya dengan alasan utilitas atau kegunaan barang tersebut. Orang Tionghoa paham bahwa suatu barang lebih penting punya nilai guna daripada gengsi.

Nah, sudah tahu ‘kan? Apakah kamu ingin mencoba menerapkannya juga?

Sources

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed